Halaman

Sabtu, 07 Desember 2019

Kreatif dan Menguntungkan, Ini 6 Bisnis Sampingan Untuk Mahasiswa

Mahasiswa seringkali merasa kesulitan dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Seringkali mengandalkan kiriman uang dari orang tua saja tidak ukup untuk memenuhi kebutuhan selama masa perkuliahan. Banyaknya hal yang harus diatur dan dikeluarkan oleh mahasiswa membuat banyak mahasiswa mencari tambahan pendapatan dari pekerjaan-pekerjaan yang mereka lakukan. Meskipun sulit dan penuh tantangan, namun bisnis sampingan menjadi pilihan mahasiswa untuk bisa bertahan di tengah masa perkuliahan.
Berbisnis sejak masih kuliah selain bisa menambah pundi-pundi rupiah juga memberikan banyak pelajaran bagi mahasiswa mengenai cara-cara berbisnis yang cerdas, mengatur keuangan, berhubungan dengan pelanggan, dan masih banyak lagi. Tak hanya itu, kini berbisnis pun juga lebih mudah karena adanya internet dan sosial media. Lalu bisnis apa yang cocok dijalankan oleh mahasiswa?
Berikut ini adalah 6 bisnis sampingan untuk mahasiswa yang mungkin bisa menjadi referensi.
1.  Jasa penulisan artikel
Meski berbentuk jasa dan produknya adalah hasil artikel yang telah ditulis, namun jasa penulisan artikel termasuk bisnis, lho. Sekarang ada begitu banyak website, blog, dan sosial media dari para pemilik bisnis yang mencari orang untuk menulis konten artikel berkualitas berkaitan dengan usaha mereka. Nah, kamu bisa memanfaatkan ini sebagai peluang bisnis untuk membuka jasa penulisan artikel. Selain mudah dan tidak perlu modal banyak, Jasa Penulisan Artikel Ilmiah  ini bisa kamu mulai dan lakukan dimana saja apalagi anda seorang mahasiswa yang punya keahlian dalam bidang tersebut.

2. Buka les privat atau kursus
Sebagai mahasiswa mungkin modal usaha yang kamu miliki belum banyak, namun pasti kamu punya modal dalam bentuk lain yakni ilmu dan skill, bukan? Jangan sia-siakan pengetahuan yang kamu miliki begitu saja. Membuka les privat atau kursus bagi sesama teman mahasiswa atau anak-anak bisa juga menjadi peluang bisnis yang menjanjikan seperti les privat Bahasa inggris, matematika, atau akuntasni. Selain bisa menambah pendapatanmu, kamu juga bisa membantu orang lain untuk memahami pelajaran atau mata kuliah yang belum mereka pahami. Hitung-hitung sekalian beramal kebaikan.

3. Bisnis Food and Beverage (FnB)
Hari gini siapa, sih yang nggak butuh makan dan minum? Sebagai manusia, makan dan minum adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap hari. Karena itulah bisnis makanan dan minuman akan sangat menguntungkan bagi mahasiswa jika pandai mengambil peluang. Tidak perlu stand atau ruko besar jika belum ada modal. Hanya dengan menawarkan produk makanan atau minumanmu ke teman-teman terdekat atau sosial media pun bisnismu bisa berjalan.

4. Bisnis online shop
Kalau kamu ingin menjalankan bisnis dengan menjual produk, online shop bisa jadi peluang bisnis yang menjanjikan. Produk yang dijual bisa sesuai dengan minatmu misal, kosmetik, fashion, gadget, atau apapun yang bisa dijual secara online. Tak hanya itu, berbisnis online shop sekarang sudah lebih mudah. Ada banyak marketplace seperti Lazada, TokoPedia, dan BukaLapak yang membantu kamu untuk memasarkan produk dan menjangkau lebih banyak pembeli.

5. Jasa cuci sepatu
Bisnis yang satu ini lagi hits dikalangan mahasiswa, nih. Bisnis jasa cuci sepatu ini juga mudah untuk memulainya. Kamu tidak perlu harus menyewa ruko untuk memulai bisnis ini. Kost atau rumahmu pun bisa menjadi tempat yang tepat untuk memulai bisnis cuci sepatu. Modal yang kamu perlukan adalah shoe cleaner, sikat, kain microfiber, packaging, dan pengetahuan dasar tentang bahan dan pembersihan sepatu. Jasa cuci sepatu ini selain mudah juga menguntungkan dan dapat jadi sumber penghasilan tambahan bagi mahasiswa

6. Bisnis desain atau percetakan
Peluang bisnis yang satu ini cocok untuk mahasiswa yang suka mendesain dan punya selera seni yang baik. Mirip jasa penulisan artikel, kini bisnis desain dan percetakan juga kian diminati para pemilik bisnis di berbagai bidang. Misalnya dalam membuat packaging kemasan makanan, desain brosur, dan masih banyak lagi. Nah, jika kamu mahasiswa yang merasa memiliki kemampuan dan kemauan untuk belajar desain, bisnis di di bidang ini bisa menjadi peluang bisnis yang mampu menambah sumber pemasukanmu.

Itulah 6 bisnis sampingan untuk mahasiswa yang mungkin bisa menjadi inspirasi untuk memulai usaha dan mendapatkan pemasukan tambahan. Ingat, selain berbisnis jangan lupakan tanggung jawab untuk belajar, ya! Semoga bermanfaat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar