Halaman

Rabu, 28 Juni 2017

3 Langkah Mengenalkan Bisnis Anda di Internet

“Punya nomor telepon Toko Abadi Jaya gak?”, ucap Ayah. “Cari di Google aja, Yah”, sang anak membalasnya. “Sudah, tapi gak ketemu. Ada toko yang lain. Ada katalog produknya juga, bisa diantar lagi. Coba kamu telpon Mas.”, Ayah menutup pembicaraan singkat tersebut. Untuk Toko Abadi Jaya dan siapapun yang memiliki bisnis yang belum online silakan baca paragraf selanjutnya.
Ada anekdot mengatakan bahwa jika nama Anda tidak dapat ditemukan di internet, mungkin Anda tidak pernah benar-benar ada di dunia ini. Begitu juga dengan bisnis Anda. Kini bisnis Anda wajib dikenal di internet. setidaknya saat orang mencari di mesin pencari, kontak bisnis anda bisa ditemukan.
Di era informasi yang terbuka, sudah menjadi habit bagi siapapun yang ingin mencari informasi, pasti akan dimulai dengan internet. Kemudahan menggunakan internet dalam genggaman juga semakin mempercepat pencarian informasi. Bahkan jika tersesat di jalan pun, tidak perlu repot, tinggal membuka peta online seperti Google Maps atau Waze.
Pemerintah belakangan juga sudah membuka channel di Internet sebagai upaya transparasi dan kredibilitas instansi. Hal ini dikenal dengan istilah ‘Open Government’. Melalui website dan social media pemerintah menunjukkan eksistensi instansi dan kinerjanya.
Jika Anda belum mengenalkan bisnis Anda dan tidak mengetahui caranya, Anda bisa lakukan 3 langkah berikut:
  1. Membuat website. Website adalah kantor pusat Anda di internet. Tuliskan deskripsi, organisasi, layanan, galeri, dan kontak yang bisa dihubungi. Jika anda memiliki produk, anda bisa menggunakan website berbasis ecommerce.
  2. Manfaatkan marketplaceMarketplace adalah mall online dimana Anda dapat mendaftarkan bisnis Anda secara gratis. Daftarkan bisnis Anda di marketplace yang sudah dikenal dan banyak pengunjung, misalnya Bukalapak.
  3. Buat akun social media. Faktanya, orang Indonesia banyak menghabiskan waktu online-nya dengan mengakses social media seperti Twitter dan Facebook. Buat akunnya, ciptakan interaksi, dan bangun social proof.

Setelah bisnis Anda dikenal di internet, Anda sudah selangkah lebih maju untuk memajukan bisnis Anda. Apakah Anda sudah melakukan 3 langkah diatas? Ceritakan pengalaman Anda di kolom komentar di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar