Halaman

Jumat, 30 Juni 2017

Cara Membuat Video Web Series untuk Popularitas di Internet

Bosan dengan tayangan di televisi Indonesia yang didominasi acara ga jelas dan berdurasi lama? Web series datang untuk menyelamatkan rasa jenuh Anda ini dengan tayangan dalam durasi yang relatif singkat tapi lebih menghibur. Dipopulerkan oleh Dennis Adiswara, web series adalah salah satu bentuk Tontonan Internet yang juga dikenal sebagai Webpisode.

Konsep Web Series ini mirip dengan program acara televisi namun dengan durasi tayang yang relatif pendek, sekitar 5 – 15 menit. Format acaranya bisa bermacam-macam, seperti sinetron atau FTV (Film Televisi), talkshow, tips dan trik, tutorial, berita maupun serial video blog (vlog). Suatu Web Series biasanya terbagi dalam episode-episode dimana waktu penayangannya atau lebih tepatnya: upload, biasanya mengikuti pola yang ada di televisi, misalnya saja dalam seminggu hanya ada satu episode tiap hari Minggu. Namun patokan itu tidak selalu baku, bisa saja berubah tergantung dari situasi dan kondisi yang terjadi di lapangan.
Anda juga bisa membuat web series Anda sendiri kok. Mau tau caranya? Pelajari 4 tips jitu berikut ini:
1.     Tulis Naskah Sekreatif Mungkin
Langkah paling dasar dalam membuat web series adalah dengan menyiapkan naskah cerita. Menulis membutuhkan imajinasi dan kreativitas agar tidak monoton dan membuat orang lain bosan. Nah, untuk menghasilkan tulisan yang menarik ini diperlukan waktu yang tidak sebentar. Jangan terburu-buru dan terpaksa, santai saja tapi juga jangan terlalu lama, karena nanti hasilnya malah tidak maksimal. Bila ide muncul, segera tulis dalam file Anda kedalam komputer atau secarik kertas.
 2.     Buat Durasi Secukupnya
Seperti yang sudah ditulis di atas kalau durasi yang biasanya dipakai untuk membuat web series adalah 5-15 menit. Durasi ini sudah cukup untuk menampilkan tayangan yang walaupun singkat tapi mengandung makna. Poin tersebut sangat penting karena tujuan dari program ini adalah tidak ingin membuat jenuh penonton dengan video berdurasi sangat panjang tapi tidak langsung pada poin-poin penting yang ingin disampaikan, sehingga malah membosankan.
 3.     Siapkan Beberapa Episode
Tips yang tak kalah penting untuk memulai menciptakan web series Anda sendiri yaitu menyiapkan beberapa episode sekaligus sebelum mulai meluncur ke akun Youtube atau Vimeo Anda. Tak perlu membuat terlalu banyak, dan gunakan kamera yang biasa dengan standar kualitas video, karena bila Anda sudah terlanjur membuat banyak sedangkan respon yang didapat tak begitu bagus, tentunya hal ini hanya akan membuang waktu. Cukup siapkan paling tidak 3-5 episode sambil menunggu respon dari penonton. Menyiapkan beberapa episode sekaligus juga bertujuan untuk menghindari jarak yang terlalu lama antar episode.
 4.     Promosikan dengan Cara Cerdas
Inilah yang ditunggu-tunggu, saat mempromosikan. Seperti menulis naskah tadi, mempromosikan web series Anda diperlukan trik yang cerdas. Tujuannya tentu saja agar banyak orang yang tertarik untuk menontonnya. Bidik dulu segmen pasar content web series Anda, kemudian buat pendekatan yang menyenangkan. Gunakan media sekreatif mungkin yang akan membuat orang penasaran ingin menonton.
Anda juga perlu melihat contoh-contoh yang sudah banyak tersedia di Youtube. Di Indonesia, pelaku web series yang cukup konsisten adalah Raditya Dika dengan produksinya yang berjudul “Malam Minggu Miko”. Pelajari juga produksi dari luar negeri, seperti Equals Three atau E=3 karya Ray William Johnson. Konsep E=3 adalah me-review 3 (tiga) buah video populer di internet dengan gaya kritikan sarkasme yang menyindir dan acapkali pedas. Tidak sampai seminggu biasanya video yang diupload Ray di channel YouTube-nya bisa mencapai 1 juta views. Masih banyak contoh Web Series lainnya, seperti Kids React karya The Fine Brothers, lalu video-video absurd karya SMOSH.
Ternyata ada sejumlah keuntungan yang bisa didapatkan para pembuat Web Series, lho. Pertama adalah portfolio, bahwa dengan membuat suatu karya berarti ada suatu kemampuan khusus tertentu, sehingga apabila tenaga atau kemampuan/skill diperlukan dapat dihubungi. Kedua, popularitas. Popularitas bisa membawa banyak manfaat positif, misalnya menjadi artis, pembawa acara/MC, dan lain sebagainya. Ketiga, Uang. Web Series yang terkenal dapat ditawarkan kepada para pemasang iklan untuk bisa berkontribusi menampilkan produknya dengan memberikan sejumlah dana.
Tertarik untuk ikut menjadi salah satu pembuat web series Indonesia? Langsung praktekkan keempat tips di atas! Siapa tahu karya Anda menjadi favorit banyak pelanggan setia di Youtube atau Vimeo. Lalu yang juga tak kalah informatif adalah melakukan pembelajaran melalui buku web series karena di dalamnya tersedia banyak panduan pemrograman dan digital yang bisa didapat untuk menunjang pembuatan web series. Selamat berkarya!

1 komentar: