Halaman

Jumat, 30 Juni 2017

7 Tips Dalam Membuat Headline yang Efektif dan Mengundang Banyak Klik!

Dalam pemasaran online, kita sudah pasti familiar dengan yang namanya iklan. Entah iklan tersebut merupakan iklan gratis berupa iklan baris, forum jual beli, ataupun yang berbasis marketplace. Dan iklan yang berbayar antara lain Google Adwords dan Facebook Ads.
Salah satu hal terpenting dalam proses pembuatan iklan yang menarik adalah Headline. Disamping adanya penjelasan / deskripsi iklan dan foto yang disertakan pada iklan tersebut.
Mengapa headline harus memiliki tingkat ketertarikan yang tinggi dalam pembuatan iklan? Karena kita akan melihat headline lebih cepat dibandingkan isi dari iklan tersebut dan menjadikan pintu gerbang bagi iklan kita agar dapat dilihat secara menyeluruh. Nah, untuk itu mari kita coba melihat 7 tips dalam pembuatan headline yang menarik dan mengundang banyak klik :
Terdapat nilai yang spesifik
Jika terdapat 2 buah headline sebagai berikut :
–          Terdapat lebih dari 10 model sepatu kulit.
–           Terdapat 13 model sepatu kulit.
Mana yang menurut kamu lebih menarik? Saat kita melihat sebuah angka secara spesifik, kita akan memiliki kecenderungan untuk berpikir bahwa ini pasti benar. Dan penting juga untuk menghindari angka yang genap atau yang berupa kelipatan 5 atau 10, misalnya gunakan angka 19 ketimbang 20.
Masukkan jenis produk
Jika memang produk / jasa yang kamu tawarkan bersifat umum dan semua orang mengenalinya, maka sisipkanlah jenis produk kamu di headline, supaya mereka mengetahui apa yang kamu jual dalam iklan tersebut.
Gunakan angka 7
Angka 7 merupakan salah satu kata terbaik dalam mengawali sebuah headline. Tidak genap dan juga spesifik. Dan juga memudahkan kamu dalam membuat poin-poin penting dalam iklan sebanyak 7 butir.
Ini cara – Ini Alasan Mengapa
Jika memang iklan yang kamu buat lebih kearah softselling atau memiliki nilai edukasi, maka salah satu kata pembuka yang dapat memancing rasa penasaran dan juga memberikan manfaat bagi pembaca adalah kata “Ini cara” atau “Ini Alasan Mengapa”.
Bagaimana Caranya
Kata pembuka headline ini memiliki pola yang sama dengan yang diatas, yaitu mengandung unsur rasa penasaran dan juga menjanjikan manfaat. Salah satu contoh yang menarik :
– Bagaimana caranya mereka mendapatkan income sebesar 11 juta perbulan dengan hanya berjualan baju dari rumah?
Gunakan kata Anda, hindari kata kami
“People don’t care about you, they care about themself”
Pembaca iklan tidak terlalu peduli dengan kita, mereka hanya ingin mengetahui manfaat yang didapat ketika membaca iklan yang kita buat. Sehingga dalam headline, hindari kata “kami” dan ubahlah menjadi sudut pandang pembaca. Apa yang mereka butuhkan atau apa yang sedang mereka cari?
Gratis
Kata “Gratis” pada headline, tidak diragukan lagi akan mengundang perhatian bagi pembaca. Namun hal yang perlu ditekankan adalah, jangan sampai menggunakan kata gratis yang pada akhirnya hanya akan mengecohkan mereka dan tidak menepati janji. Gunakan kata “Gratis”, apabila memang kita memiliki penawaran yang luar biasa diberikan. Dan hindari pemberikan cuma-cuma tanpa syarat.
Beberapa contoh :
–          Gratis X untuk setiap pembelian produk Y.
–          Dapatkan paket X gratis untuk agen yang memiliki penjualan tertinggi.
Demikian 7 tips dalam pembuatan headline yang efektif. Ujicoba berbagai kemungkinan headline yang menarik dan pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan bisnis kita.
Semoga bermanfaat!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar