Halaman

Rabu, 28 Juni 2017

Penerapan Social Proof Dalam Bisnis Online

Pernahkah Anda melewati sebuah restoran dengan banyak mobil berjejer di parkiran sehingga membuat lalu lintas di area restoran tersebut menjadi lebih macet dari sebelumnya. Anda pun berpikir suatu hari harus mampir ke restoran tersebut. Tapi tunggu, bukankah Anda tidak tahu apakah makanan di restoran tersebut enak atau tidak? Ini penjelasannya.
Secara psikologis, manusia cenderung akan melakukan apa yang dilakukan orang lain. Secara tidak sadar apa yang mereka lakukan akan mempengaruhi kita untuk melakukan hal yang sama. Ini juga yang dilakukan iklan di televisi. Mereka menayangkan iklan produk dengan testimoni konsumen (baca: model iklan) yang berbeda-beda sehingga membuat anda berpikir untuk mencobanya suatu hari.
Sebenarnya apa yang kita lakukan dalam pemasaran ujung-ujungnya untuk memanipulasi pikiran konsumen sehingga mereka mau mengkonsumsi produk dan jasa yang kita tawarkan. Termasuk dengan yang kita tawarkan secara online. Pada media online, kita harus bisa menunjukkan hal-hal yang akan membuat pembaca atau calon konsumen terkonversi sehingga yang tadinya tidak tahu menjadi tahu, yang tahu menjadi mau, dan yang mau menjadi transfer ?
Apa saja yang bisa dilakukan untuk menunjukkan Social Proof, baca poin-poin berikut ini:
  1. Gunakan Iklan. Anda dapat memasang iklan di internet jauh lebih mudah daripada di media konvensional seperti koran dan televisi. BIayanya pun lebih terjangkau. Gunakan banner yang membuat pembaca tertarik dengan produk anda. Tayangkan secara berulang kali.
  2. Dibaca 9000 kali. Fitur Ini biasanya muncul di artikel atau blog. Angka yang tinggi menunjukkan popularitas artikel tersebut akan mempengaruhi seseorang untuk membaca artikel tersebut. Sebaliknya angka yang rendah akan meninggalkan minat untuk membaca.
  3. Jumlah Bintang 5 (Rating). Anda mungkin sering lihat di samping produk di toko online. Tanda bintang berwarna kuning yang menunjukkan nilai kepuasan konsumen terhadap suatu produk. Jika jumlah bintang kuning semakin banyak itu tandanya produk semakin diminati dan akan mempengaruhi calon konsumen lain untuk memutuskan membeli. 4
  4. Testimonial. Tunjukkan testimonial-testimonial konsumen produk dan jasa anda di internet. Kalimat yang disampaikan orang lain akan lebih berpengaruh daripada apa yang Anda sampaikan.
  5. Endorse. Anda dapat menggandeng public figure, mungkin selebriti atau orang terkenal di halaman muka website anda yang menunjukkan bahwa website dan produk Anda kredibel. Munculkan kesan di benak konsumen: Artis aja pakai, masa saya tidak?
Demikian hal-hal yang dapat merangsang konsumen untuk lebih mau menggunakan produk kita di internet. Jangan hanya tersenyum mengangguk tanda setuju dengan artikel di atas dan mulai liar dengan ide-ide baru anda. Tinggalkan dulu komentar Anda di bawah ini.

1 komentar:

  1. seyogyanya artikel ini diberikan image/gambar supya artikelnya lebih keliatan keren, just opinion, keep posting.

    Salam dari
    http://www.alparitrading.com/

    BalasHapus